WELCOME TO SELAMAT DATANG

Video

Panduan Sukses Blogger

Pages

Kamis, 14 Juli 2011

Manfaat Teh Hijau(Green Tea) untuk Kesehatan

Apakah ada makanan atau minuman lain yang dilaporkan memiliki manfaat kesehatan sebanyak teh hijau? Orang Cina telah mengetahui tentang manfaat obat teh hijau sejak zaman kuno, menggunakannya untuk mengobati segala sesuatu dari sakit kepala sampai depresi. Teh Hijau Dalam bukunya: Rahasia Alam untuk Kehidupan yang Sehat, Nadine Taylor menyatakan bahwa teh hijau telah digunakan sebagai obat di Cina selama setidaknya 4.000 tahun. Hari ini, penelitian ilmiah baik di Asia dan barat memberikan bukti sulit bagi manfaat kesehatan jangka yang terkait dengan minum teh hijau. Sebagai contoh, pada tahun 1994 Journal of National Cancer Institute mempublikasikan hasil studi epidemiologi menunjukkan bahwa minum teh hijau mengurangi risiko kanker esofagus pada laki-laki dan perempuan di Cina hampir enam puluh persen. Peneliti dari Universitas Purdue baru-baru ini menyimpulkan bahwa senyawa dalam teh hijau menghambat pertumbuhan sel kanker. Ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa minum teh hijau menurunkan kadar kolesterol total, serta meningkatkan rasio baik (HDL) kolesterol jahat (LDL) kolesterol.
Singkatnya, berikut adalah hanya beberapa kondisi medis di mana minum teh hijau terkenal untuk membantu:
  • kanker
  • rheumatoid arthritis
  • tinggi kadar kolesterol
  • cariovascular penyakit
  • infeksi
  • gangguan fungsi kekebalan tubuh

    Apa yang membuat teh hijau begitu istimewa? Rahasia teh hijau terletak pada kenyataan itu kaya polifenol catechin, terutama epigallocatechin gallate (EGCG). EGCG adalah anti oksidan yang sangat kuat: selain menghambat pertumbuhan sel kanker, itu membunuh sel kanker tanpa merusak jaringan sehat. Ini juga telah efektif dalam menurunkan kadar kolesterol LDL, dan menghambat pembentukan bekuan darah yang abnormal. Yang terakhir mengambil Pentingnya ditambahkan bila Anda menganggap bahwa trombosis (pembentukan bekuan darah yang abnormal) adalah penyebab utama serangan jantung dan stroke.
    Link sedang dibuat antara efek dari minum teh hijau dan "Paradoks Prancis." Selama bertahun-tahun, peneliti bingung oleh fakta bahwa, meskipun mengkonsumsi makanan kaya lemak, Prancis memiliki insiden penyakit jantung lebih rendah dibandingkan orang Amerika. Jawabannya ditemukan terletak pada anggur merah, yang mengandung resveratrol, suatu polifenol yang membatasi efek negatif dari merokok dan diet lemak. Dalam sebuah penelitian di tahun 1997, peneliti dari University of Kansas ditentukan bahwa EGCG dua kali lebih kuat sebagai resveratrol, yang mungkin menjelaskan mengapa tingkat penyakit jantung di antara pria Jepang cukup rendah, meskipun persen kira-kira tujuh puluh lima adalah perokok.
    Mengapa tidak teh Cina lainnya memiliki persamaan kesehatan memberikan sifat? Hijau, oolong, dan teh hitam semuanya berasal dari daun tanaman Camellia sinensis. Apa yang membuat teh hijau terpisah adalah cara diproses. Daun teh hijau dikukus, yang mencegah senyawa EGCG dari yang teroksidasi. Sebaliknya, daun teh oolong hitam dan terbuat dari daun fermentasi, yang menghasilkan EGCG yang dikonversi menjadi senyawa lain yang tidak hampir sama efektif dalam mencegah dan melawan berbagai penyakit.
     
    Manfaat Lain
    Bukti baru yang muncul bahwa teh hijau bahkan dapat membantu diet. Pada bulan November, 1999, American Journal of Clinical Nutrition mempublikasikan hasil sebuah studi di Universitas Jenewa di Swiss. Para peneliti menemukan bahwa pria yang diberi kombinasi ekstrak teh hijau kafein dan membakar lebih banyak kalori daripada yang diberikan hanya kafein atau plasebo.
    Teh hijau bahkan dapat membantu mencegah kerusakan gigi! Sama seperti bakteri-menghancurkan kemampuan yang dapat membantu mencegah keracunan makanan, juga dapat membunuh bakteri penyebab plak gigi. Sementara itu, kulit olahan mengandung teh hijau - dari deodoran dengan krim - mulai muncul di pasar.
     
    Efek Berbahaya?
    Untuk saat ini, efek samping dilaporkan satunya negatif dari minum teh hijau adalah insomnia karena fakta bahwa itu mengandung kafein. Namun, teh hijau mengandung lebih sedikit kafein dibandingkan kopi: ada sekitar 30-60 mg. kafein dalam 6-8 ons teh, dibandingkan dengan lebih dari seratus mg. di delapan ons kopi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar